MS.word 2003


BAB III
MATERI KOMPETENSI
3.1  MICROSOFT  OFFICE WORD (2003)
1.      Pengertian
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
2.      Cara Masuk Layar kerja Microsoft Office Word
Langkah-langkahnya :
a.       Klik menu star
b.      Program
c.       Microsoft office
d.      Klik pada Microsoft office word
Atau dengan cara klik dua kali pada gambar ikon  di layar desktop.




3.      Layar kerja Microsoft office word
a.       Layar kerja Microsoft office word 2003
b.      Layar kerja Microsoft office word 2007


4.      Menyimpan data/dokumen/berkas/file
Caranya: klik menu file, klik save (ctrl + s) atau klik pada icon , maka akan muncul kotak dialog save as, seperti pada gambar berikut ini :
screen shot
Langkah selanjutnya klik nama dokumen yang akan dibuka, dan klik kotak open.

5.      Mengatur ukuran halaman
Dalam sebuah layar kerja, diperlukan halaman yang diatur sedemikian rupa, sehingga ketika dicetak (print) bias sesuai dengan yang diinginkan.
Dengan batas atas (top), batas bawah (bottom), batas kanan (right), batas kiri (left).
Langkah-langkah untuk mengatur halaman tersebut yaitu, kik menu file, page set up, maka akan muncul kotak diualog sebagai berikut :
6.      Mengatur huruf dan spasi baris
Huruf atau font digunakan untuk mengubah tampilan dan nuansa dari dokumen dengan mengubah ukuran font dan jenis font. Anda dapat menyorot bagian tertentu atau pos dengan mengubah warna font dan gaya font.
Untuk mengubah properti font untuk bagian tertentu dari teks, pilih teks tertentu dengan mouse anda. Kemudian klik dan pilih FORMAT FONT. Sebuah kotak dialog akan terbuka yang akan memberi anda pilihan untuk mengubah Ukuran Font, Font Style (Tebal, miring dan bergaris bawah), Font (Times New Roman, Verdana dll) dan Warna Font.
screen shot
7.      Mengatur single dan double spasi
mengubah jarak antara garis-garis atau spasi sebelum atau setelah setiap paragraf untuk membuat teks tertentu mudah dibaca. Semua dokumen umumnya spasi tunggal. Jika Anda ingin mengubah spasi pada dokumen, klik dan pilih FORMAT PARAGRAF. Kotak dialog yang muncul memiliki bagian pada Spasi di mana Anda pilih spasi baris sebagai "Single", "1,5 baris" atau "Double" dari menu drop-down.
screen shot
8.      Memotong, mengcopy dan menyalin data
Untuk menghapus segmen tertentu dari teks dari posisi tertentu dan menempatkannya di tempat lain melibatkan operasi CUT dan PASTE.
Pilih segmen dari teks yang akan Potong dan klik EDIT. Pilih CUT dari menu drop-down.
     Sekarang tempatkan kursor pada posisi Target (posisi Sasaran adalah posisi dalam dokumen di mana teks perlu disalin atau dipindahkan). Sekarang klik pada EDIT dan pilih PASTE dari menu drop-down.
screen shot

screen shot
9.      Memasukkan grafik atau gambar
a.       Memasukkan clip art
Untuk memasukkan gambar caranya : Klik INSERT dan kemudian pilih GAMBAR. Dari sub-menu, pilih FILE pilihan jika Anda memiliki gambar atau foto disimpan sebagai file terpisah di komputer. Ini akan membuka kotak dialog di mana Anda dapat menelusuri atau ketik lokasi (path) dari gambar di komputer.
screen shot

screen shot

10.  Mencetak dokumen
Langkahnya : klik menu file →print, maka akan muncul tampilan sebagai berikut
screen shot





0 komentar:

Posting Komentar