Sistematika Laporan Kerja Praktek 

Adapun penjelasan mengenai sistematika Kerja Praktek adalah sebagai berikut :
1.1.  Latar Belakang Kerja Praktek
Menjelaskan mengenai pentingnya variabel yang saudara jadikan sebagai judul dan mengenai alasan mengapa saudara  memilih judul tersebut.
1.2.  Tujuan Kerja Praktek
Menjelaskan hal-hal /masalah  yang akan dibahas pada  Bab 3 nanti.
1.3.  Kegunaan Kerja Praktek
Menjelaskan mengenai pihak-pihak yang dapat mengambil manfaat dari kerja Praktek.
1.4.  Lokasi dan Waktu Kerja Praktek
Menjelaskan lokasi dan waktu kerja praktek dilaksanakan.
2.1. Sejarah Singkat Perusahaan
Menguraikan sejarah singkat perusahaan dimana saudara melakukan Kerja Praktek.Sejarah Perusahaan ini dapat mencakup Misi,Visi dan Tujuan perusahaan
2.2. Struktur Organisasi
Menjelaskan jenis struktur organisasi apa yang dipakai oleh perusahaan, kemudian tampilkan struktur organisasi tersebut dalam bentuk Bagan Struktur Organisasi.
2.3. Deskripsi Jabatan
Menjelaskan mengenai jabatan – jabatan yang terdapat dalam perusahaan berikut tugas dan wewenangnya.
2.4. Aspek Kegiatan Perusahaan
Menjelaskan mengenai kegiatan-kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan.
3.1. Bidang Pelaksanaan Kerja Praktek
Menjelaskan mengenai bagian/divisi yang ada kaitannya dengan judul yang saudara ambil dan sekaligus menjelaskan dibagian/Unit mana anda ditempatkan untuk melakukan kerja Praktek tersebut.
3.2. Teknis Pelaksanaan Kerja Praktek
Menjelaskan mengenai kegiatan-kegiatan apa saja yang saudara lakukan selama melaksanakan kerja praktek di perusahaan.
3.3. Hasil Pelaksanaan Kerja Praktek
Membahas hasil pelaksanaan kerja praktek dengan mengacu pada tujuan yang telah dibuat pada Bab-1 sebelumnya.
4.1. Kesimpulan
Menyimpulkan Hasil pelaksanaan Kerja Praktek dengan tetap mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan.
4.2. Saran
Berisi saran-saran  dari Hasil pelaksanaan Kerja Praktek yang disesuaikan dengan Tujuan Kerja Praktek pada bab-1.

B. Bahan dan Ukuran Kertas
Laporan Kerja Praktek diketik diatas  kertas HVS 80 gr/m dengan  ukuran  A4
( 210 x 297 mm )

C. Pengetikan
1. Jenis Huruf
a. Naskah Laporan KP diketik dengan huruf standar (Times New Roman), dan untuk seluruh naskah dipakai jenis ukuran huruf yang sama yaitu 12, kecuali ukuran huruf untuk Sumber pada Tabel dan gambar digunakan ukuran 10.
b.Huruf Miring dipakai untuk tujuan tertentu misalnya untuk menandai istilah asing.

2. Jarak Antar baris
Jarak antara 2 baris dibuat 2 spasi, kecuali untuk judul Tabel dan judul Gambar diketik dengan jarak 1 spasi.

3. Batas tepi
Batas – batas pengetikan diatur sebagai berikut :
a. Tepi atas dan tepi kiri 4 Cm
b.Tepi bawah dan tepi Kanan 3 Cm

4. Penomoran
a. Halaman
  • Bagian awal Laporan KP, mulai dari Lembar Pengesahan sampai dengan Daftar Lampiran diberi nomor halaman dengan Angka Romawi kecil, sedangkan untuk bagian isi Laporan kerja Praktek diberi nomor dengan menggunakan angka.
  • Nomor Halaman diletakkan 1,5 Cm disebelah kanan atas, kecuali untuk halaman yang ada judul BAB maka nomor halamannya ditulis ditengah yaitu 1,5 Cm dari tepi bawah.
b.Tabel dan gambar
  • Nomor untuk tabel dan Gambar diberi nomor urut angka sesuai dengan nomor bab dan urutan gambar pada bab tersebut.
Contoh :  Tabel 1.1  ( tabel pada Bab 1 untuk tabel urutan ke-1)
Tabel 1.2   (tabel pada Bab 1 untuk tabel urutan ke-2)
Gambar 1.1 ( gambar pada Bab 1 untuk gambar urutan ke-1)
  • Nomor dan judul tabel diletakkan diatas table secara simetris
  • Nomor dan judul gambar diletakkan dibawah gambar

5. Daftar Tabel dan Gambar
Diketik sesuai ketentuan sebagai berikut :
No                   Judul Tabel                                                    Hal
3.1                   Laporan Keuangan PT.”x” ……………          20
No                   Judul Gambar                                               Hal
2.1                   Struktur Organisasi PT.”x” ……………         15

6. Daftar Lampiran
Diketik sesuai ketentuan sebagai berikut :

No                           Judul lampiran
Lampiran 1               Surat bukti kerja praktek dari Perusahaan
Lampiran 2               Penilaian kerja Praktek dan absensi kehadiran
Lampiran 3               Permohonan tabungan
Lampiran 4               Slip Penarikan tabungan

7. Lampiran Laporan kerja praktek
Lampiran kerja praktek disusun berdasarkan urutan sebagai berikut :
  • Surat bukti kerja praktek dari Perusahaan
  • Penilaian kerja Praktek dan absensi kehadiran
  • Lampiran-lampiran pendukung laporan kerja praktek
  • Daftar Riwayat hidup












Contoh : Tabel
Tabel 3.1
Perkembangan Hutang lancar KUD Sarwa Mukti     (Times Romans,Bold,12)
Tahun 2006-tahun 2009
(dalam jutaan rupiah)
Uraian
2006
2007
2008
2009
Hutang usaha :
Pada Anggota
Bukan anggota
Hutang bank
Titipan
Dana-dana
Simp Sukarela

1.792,582088
206,3210600
1.549,500243
399,81783612
149,95787817
209,98943591

1.994,225295
628,012377
3.910,210407
494,69129127
168,74919141
225,87077067

2.321,854505
832,898750
3.725,210407
506,73835827
185,28693039
235,43919676

2.315,9886044
314,028500
3.719,891407
685,20146452
163,28865724
243,19268392

Jumlah
4.308,1690812
7.421,7593324
7.8074281479
7.441,5913171
Sumber : KUD Sarwa Mukti  (Times Romans,10)

Tabel 3.1 diatas menunjukkan bahwa Tabel ini merupakan table ke 1 di bab tiga.
Contoh : Gambar

Sumber : KUD Sarwa Mukti                     (Times Romans,10)


Gambar 2.1
Struktur organisasi bagian keuangan KUD Sarwa Mukti
(Times Romans,Bold,12)

Tabel 3.1 diatas menunjukkan bahwa Gambar ini merupakan gambar ke 1 di bab Dua.


Bandung, Juli 2010
Koordinator kerja Praktek


Elvira Azis, SE.,MT
NIP. 4127.34.02.013

 

0 komentar:

Posting Komentar