Wow, ‘Harddisk Online’ 5 GB Gratis dari Google Drive

Wow, ‘Harddisk Online’ 5 GB Gratis dari Google Drive

Pernah mengalami komputer yang rusak dan semua data penting Anda hangus? Kini Google menawarkan solusinya untuk Anda. Pada pekan ini layanan terbaru Google, ‘GoogleDrive’ mulai ditawarkan kepada para penggunanya. Sebelumnya, layanan ‘Cloud Computing’ terbaru Google ini, diisukan akan dirilis pada bulan April 2012. GoogleDrive merupakan evolusi dari layanan ‘GoogleDocs’ yang populer sebagai layanan penyimpanan dan pengolahan data online nomor satu di dunia. Sebelumnya, sang pendahulu sendiri sudah nyaris tidak memiliki saingan sepadan dalam layanan penyimpanan data office secara online. Dengan fungsi yang jauh lebih kaya dari pendahulunya, GoogleDrive akan semakin merajai layanan cloud computing.
GoogleDocs tidak sekedar menawarkan fasilitas penyimpanan dokumen secara online, tetapi juga memungkinkan penggunanya untuk langsung mengedit dokumen tersebut secara online. Hal ini menjadi keunggulan utama GoogleDocs dibandingkan layanan pesaingnya seperti Scribd dan SlideShare. Selain itu, karena layanannya mengandalkan skrip pemrograman web standar, layanan Google Docs juga memberikan kemudahan akses, karena dapat digunakan di berbagai platform sistem operasi. Perlahan tapi pasti, Google Docs mulai melibas aplikasi office berbasis desktop seperti Microsoft Office dan Libre Office. Meskipun Microsoft terlihat mulai melakukan langkah antisipasi dengan meluncurkan Microsoft® Office 365 dan Skydrive, tetapi layanan ini terlihat gagal meraih popularitas yang cukup baik.
GoogleDrive menawarkan banyak keunggulan dibandingkan para pesaingnya. Diantaranya adalah kemampuan kolaborasi dokumen yang membuat Anda bersama rekan-rekan dapat mengedit dokumen, spreadsheet, dan presentasi secara bersamaan. Tidak hanya file berbasis office, format file dari aplikasi pihak ketiga seperti desain vektor, desain AutoCAD dan bahkan video pun bisa diedit dengan aplikasi tambahan yang tersedia untuk platform Android dan browser Google Chrome. Hasil pekerjaan tim Anda tersebut dapat dilihat perubahannya saat itu juga dan Anda pun dapat mendiskusikan langsung perubahan tersebut dengan fitur komentar. Jika Anda tidak suka dengan perubahan yang telah dilakukan dan ingin kembali pada versi sebelumnya, fasilitas riwayat akan membantu Anda untuk melacak versi revisi yang Anda harapkan.
Keunggulan lainnya, GoogleDrive dapat digunakan untuk menyimpan file apapun, tidak terbatas hanya file-file office yang sebelumnya ditawarkan GoogleDocs. Selain itu ada lebih dari 30 jenis format file yang dapat dibuka secara online, termasuk diantaranya Adobe Ilustrator, Photoshop, SVG, PDF, AutoCAD, ZIP, RAR dan masih banyak lagi. Koneksi langsung dengan layanan Google lainnya seperti Google+ dan Gmail membuat Anda akan lebih mudah membagi file-file tersebut secara online. Anda tidak perlu lagi mengirimkan file berukuran besar dalam attachment, cukup sertakan tautan file di GoogleDrive Anda, dan semua email tujuan akan memperoleh versi terbaru dari dokumen tersebut. File dalam attachment masuk ke email Anda juga akan dapat langsung dibuka di GoogleDrive.
Layanan dasar GoogleDrive ditawarkan secara gratis bagi semua pemilik akun Google, dengan kapasitas 5 GB. Jika Anda membutuhkan kapasitas lebih, Google menawarkan tambahan kapasitas dengan biaya bulanan sesuai kapasitas yang diharapkan. Kapasitas tambahan yang ditawarkan Google berkisar dari 25 GB hingga 16 TB. Kapasitas terkecil ditawarkan dengan biaya $ 2.49 per bulan. Bagaimana? Anda siap menjajal fasilitas GoogleDrive?

0 komentar:

Posting Komentar